http://jshenet.blogspot.com/2015/08/cara-mendapatkan-dollar-di-android-100.html

Jong Indonesia Blusukan Pasar Lakukan Aksi Sosial



Sabtu, 07/07/2012 06:00 WIB - Anisaul Karimah

Siapa bilang pemuda zaman sekarang acuh tak acuh terhadap kondisi bangsanya? Hal itu tidak berlaku bagi salah satu organisasi pemuda di Solo, Jong Indonesia. Organisasi kepemudaan itu selalu menggagas aksi sosial bagi masyarakat sekitar. Salah satu kegiatan yang tidak pernah ketinggalan yakni aksi sosial donor darah setiap tiga bulanan. Program ini sudah menjadi komitmen bersama antarpengurus dan anggota Jong Indonesia, untuk mengabdikan diri kepada masyarakat.
Salah satu Pentolan Jong Indonesia, Joko Winarno, kepada Joglosemar, Kamis (5/7), menuturkan, kegiatan sosial itu sebagai pembuktian kepada masyarakat bahwa para pemuda juga memiliki peran penting dalam bidang kemasyarakatan yang diwujudkan dalam aksi sosial. “Kita selalu berusaha agar Jong Indonesia ini punya nilai di tengah masyarakat melalui kegiatan yang digelarnya,” katanya yang bekerja di Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) bagian penerangan jalan tersebut.
Joko mengatakan, kegiatan donor darah yang baru saja digelar, Minggu (1/7), bisa dibilang istimewa. Karena kegiatan dilakukan bersama para pedagang di Pasar Kleco, dengan disuguhi makanan khas Jawa seperti nasi liwet dan dawet, ditambah makanan favorit masyarakat Solo yaitu Mi Ayam dan Bakso.
Selain itu, lanjutnya, pendonor darah dan para pedagang Pasar Kleco juga disuguhi dengan tari-tarian dari Padepokan Pancasila yaitu Tari Gambyong dan beberapa hiburan lainnya. “Jadi selesai mendonor darah, pendonor darah nanti disuguhi dengan makanan khas Jawa dan tari-tarian. Suasananya sangat menyenangkan dan tentu tambah asyik,” tutur Joko.
Beberapa pergelaran itu merupakan kerja sama antara Jong Indonesia dengan beberapa pihak. Komunitas ini bisa bekerja sama dengan pihak lain karena memiliki jaringan yang luas. Kerja sama dengan padepokan Pancasila juga karena ada anggota Jong Indonesia yang bergabung di sana. Sedang jaringan di Pasar Kleco karena Ketua Jong Indonesia merupakan ketua Paguyuban Pasar Kleco.
Diakui Joko kegiatan di Pasar Kleco itu juga bertujuan untuk menjalin keakraban dengan pedagang pasar. Selama ini masih banyak masyarakat yang menganggap pemuda sekarang tak peduli lagi dengan urusan sosial. Sehingga dengan kegiatan donor darah di Pasar ini sebagai bukti bahwa pemuda sekarang masih ada yang peduli untuk membantu masyarakat. “Kita juga mulai peduli dengan kegiatan budaya, kita ingin melestarikan sejumlah makanan dan kesenian tradisional,” ungkap dia.
Dalam kegiatan rutin yang digelar, katanya, juga sebagai pendorong anggota Jong Indonesia untuk tetap aktif dalam mengabdikan diri kepada masyarakat. Selain itu, secara internal juga diharapkan bisa meningkatkan kekompakan, memperlancar komunikasi dan menjaga Jong Indonesia agar tetap eksis dalam segala hal.
Ditambahkan Joko, anggota Jong Indonesia memang ribuan yang tersebar di eks- Karesidenan Surakarta. Dengan berbagai kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pagar kuat menjaga keutuhan Jong Indonesia yang selama ini juga menggelar kegiatan berbasis daerah. 

Anisaul Karimah
Tag : Berita
0 Komentar untuk "Jong Indonesia Blusukan Pasar Lakukan Aksi Sosial"

Back To Top